Selasa, 14 Juli 2020

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS 8

MATA PELAJARAN    : PENDIDIKAN PANCASILA DAN  KEWARGANEGARAAN
KELAS                        :  8

BAB I
MEMAHAMI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA
PERTEMUAN KE SATU

A. KOMPETENSI DASAR (KD) :
     3.1.  Menelaah Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
     4.1.  Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa dalam kehidupan sehari hari.

B. TUJUAN PEMBELAJARAN:
     3.1.1.  Siswa dapat menjelaskan arti  kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia
     4.1.1.  Siswa dapat menerapkan sikap tenggang rasa, peduli, tanggung jawab dan bekerjasama sebagai wujud meneladani tokoh tokoh pendiri negara.

C. MATERI PEMBELAJARAN:
    1.   ARTI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA 
Istilah Pancasila  dalam kehidupan  kenegaraan dikenalkan pertama kali oleh Ir. Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia  (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945
Secara umum fungsi dan  peranan Pancasila menurut TAP MPR No. III/MPR/2000 tentang Sumber Hukum Nasional dan Tata Urutan Perundangan dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai Dasar Negara. Hal ini mengandung maksud  bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Fungsi dan peranan Pancasila sebelumnya yang sudah kita kenal:
  1. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia. Pancasila sebagai jiwa bangsa berfungsi agar Indonesia tetap hidup dalam jiwa Pancasila 
  2. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Memiliki fungsi sebagai hal yang memberikan corak khas Bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yang membedakan bangsa Indonesia  dengan bangsa yang lain.
  3. Pancasila sebagai Sumber dari Segala Sumber hukum. Berfungsi  sebagai sumber hukum  yang mengatur segala hukum yang berlaku di Inonesia
  4. Pancasila sebagai Perjanjian luhur. Pancasila sebagai perjanjian luhur telah berfungsi dan disepakati melalui sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945.
  5. Pancasila sebagai Cita cita dan Tujuan Bangsa Indonesia. Berfungsi untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.
  6. Pancasila sebagai Satu Satunya Asas dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Pancasila sebagai satu satunya asas  adalah sebagai konsekuensi ditetapkannya Pancasila oleh bangsa Indonesia sebagai  dasar negara dan juga merupakan perwujudan melaksanakan Pancasila secara murni dan konsekuen.
  7. Pancasila  sebagai Moral Pembangunan. Pancasila dijadikan kerangka, acuan, tolok ukur, arah dan tujuan pembangunan. 
D.  TUGAS
      Buatlah ringkasan tentang arti kedudukan dan fungsi Pancasila. Klik link berikut ini:


Selamat Belajar dan Tetap Semangat
Semoga Sukses Selalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS 9

MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS                       : IX BAB 1                       : DINAMIKA PERWUJU...